Lawan Kampanye Hitam Sawit, Mendag Galang Dukungan Negara Produsen

Michael Reily
8 Oktober 2018, 10:41
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Kelapa sawit merupakan salah satu sektor unggulan yang menghasilkan devisa terbesar bagi ekonomi Indonesia.

Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita mengajak sejumlah negara produsen sawit bekerjasama melawan kampanye negatif komoditas tersebut di negara Uni Eropa.  Ajakan tersebut diungkap Enggar dalam  European Palm Oil Alliance (EPOA) yang digelar di Spanyol, 4 Oktober 2018 lalu. 

Selain Enggar, ajakan melawan kampanye hitam sawit juga diungkap Menteri Industri Utama Malaysia Theresa Koh Sum Sim.

Advertisement

“Indonesia dan Malaysia akan bekerja sama menyusun strategi dan mengkampanyekan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan untuk melawan kampanye negatif,” kata Enggar dalam keterangan resmi, Senin (8/10).

(Baca : Ekspor Sawit Agustus 3,3 Juta Ton, Tertinggi Sepanjang 2018)

Dia menuturkan saat ini masih banyak persepsi keliru tentang sawit sehingga sentimen negatif berkembang menjadi kepercayaan masyarakat global.  Karenanya, hal tersebut perlu didukung dengan  kampanye positif produk sawit agar pemberitaan lebih berimbang dan masyarakat internasional mengerti peran sawit bagi pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, dia juga memaparkan mengenai kebijakan moratorium  perluasan lahan sawit yang sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 8 pada 13 September 2018. Aturan itu menetapkan penundaan dan evaluasi perizinan perkebunan kelapa sawit serta peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement