Samsung, Lazada, hingga Unilever Bantu Korban Gempa Palu dan Lombok

Pingit Aria
18 Oktober 2018, 19:48
Gempa Palu
ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Tim SAR mengevakuasi seorang korban dari reruntuhan di Hotel Roaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Menurut General Manager Hotel Roaroa, jumlah tamu yang menginap di hotel berlantai tujuh tersebut sebanyak 160 orang yang sebagian besarnya adalah atlet paralayang dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri, peserta Kejuaraan Paralayang Terbuka Indonesia.

Samsung hari ini menyerahkan donasi sebesar Rp 7,5 Miliar untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah melalui Palang Merah Indonesia (PMI) . Sementara Lazada dan Unilever bekerja sama untuk menyalurkan bantuan konsumen melalui kegiatan promosi.

Selain melalui PMI, Samsung menambahkan bantuan  senilai Rp 1,5 miliar dengan membangun Posko Samsung Peduli di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi. Penggunaan dana akan dilakukan secara bertahap sesuai rekomendasi dari PMI dan dievaluasi secara berkala.

“Samsung dan seluruh karyawan kami turut berduka atas bencana di Sulawesi Tengah ini,” kata ujar JaeHoon Kwon, President Samsung Electronics Indonesia melalui siaran pers, Kamis (18/10).

Dari catatan PMI, sebanyak 21.463 kepala keluarga atau 451.928 jiwa terdampak akibat bencana ini. Dengan dana para donatur, PMI telah bergerak untuk penanganan korban di Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya. “Bentuk layanan yang kami berikan adalah berupa layanan kesehatan, psikosial, dapur umum, distribusi air bersih, shelter, ambulan dan lain sebagainya,” papar Ginandjar Kartasasmita, Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI.

(Baca juga: Pemerintah Dapat Hibah Rp 759 Miliar untuk Korban Gempa Sulteng)

Sementara Lazada dan Unilever menggalang bantuan melalui kampanye Unilever Super Brand Day di LazMall. Bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap), 10% dari total penjualan yang didapatkan akan langsung disumbangkan untuk kelanjutan pembangunan sekolah di Lombok.

Alessandro Piscini, CEO, Lazada Indonesia, mengatakan “Kami percaya bahwa musibah ini tidak boleh menghentikan anak-anak di Lombok untuk mengejar impian dan cita–citanya,” katanya.

Unilever Super Brand Day adalah bagian dari rangkaian Lazada Super Brand Day tahun ini dan dilaksanakan secara serentak di 6 negara (Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura dan Malaysia). Shop2Give adalah tema besar yang diangkat kali ini, guna menyelaraskan keinginan Unilever untuk membangun hidup yang sehat dan ramah lingkungan.

Hira Triadi, Head of Ecommerce Unilever Indonesia mengatakan, “Semoga upaya yang kami lakukan bersama Lazada akan bisa membantu anak-anak Lombok untuk bisa kembali memiliki fasilitas untuk belajar.”

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...