Jokowi Targetkan Penerima PKH Sukses Naik Jadi 400 Ribu Orang

Michael Reily
10 Januari 2019, 19:57
Jokowi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Presiden Joko Widodo berpidato di hadapan penerima kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 1 Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/1)

Presiden Joko Widodo menargetkan jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang sukses atau lulus dari bantuan sosial pada 2019 mencapai 400 ribu orang. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan 200 ribu orang yang lulus dari program tersebut tahun lalu.

“Saya harap penerima yang lulus dalam bantuan ini bertambah dua kali lipat,” kata Jokowi saat peluncuran PKH di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta, Kamis (10/1).

Pemerintah tahun ini memberikan 10 juta PKH bantuan sosial dengan anggaran sebesar Rp 32,65 triliun. Anggaran itu juga menunjukkan pertumbuhan hampir dua kali lipat dibandingkan anggaran tahun lalu yang sebesar Rp 17,52 triliun. Oleh karena itu, Jokowi menekankan supaya para penerima PKH bisa memanfaatkan anggaran dengan tepat guna.

Jokowi menyebutkan, penerima dana dalam program PKH harus menyesuaikan dengan kebutuhan tahunan, terutama untuk aspek pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan. “Uangnya boleh untuk beli gizi anak-anak tetapi tidak boleh untuk beli rokok suami atau bayar listrik,” ujarnya.

(Baca: Bantuan Keluarga Harapan Tahap Pertama Cair untuk 9,4 Juta Peserta)

Dia melanjutkan, anggaran untuk bantuan sosial merupakan salah satu terobosan pemerintah. Tahun depan, bantuan sosial untuk PKH pun bakal bertambah dari sisi anggaran dan jumlah penerima.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...