Darmin Nilai Penting Integrasi Sistem Perizinan OSS dan JakEVO

Rizky Alika
2 Februari 2019, 14:43
Jokowi Tinjau Sistem Perizinan Online
Oji/Humas Kepresidenan
Presiden Jokowi meninjau layanan Online Single Submission di PTSP BKPM, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin (14/1).

Pemerintah akan mengintegrasikan sistem perizinan Online Single Submission (OSS) dengan aplikasi perizinan Jakarta Evolution (JakEVO). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan integrasi penting untuk memperbaiki peringkat kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Business (EoDB).

"(Integrasi) sangat penting karena EoDB itu, Jakarta termasuk (dalam) OSS," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (2/1). Nantinya, Nomor Izin Berusaha (NIB) dalam sistem JakEVO akan terhubung dengan OSS.

Adapun JakEVO beroperasi di Jakarta sejak Mei 2018. JakEvo adalah aplikasi perizinan online dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) DKI Jakarta. Sementara itu, OSS merupakan sistem perizinan online yang berlaku secara nasional sejak Juli 2018. Sistem ini diluncurkan untuk mempermudah dan mempercepat penyelesaian izin usaha.

(Baca: Jokowi: Sistem Online Perizinan Usaha Masih Terkendala di Daerah)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan masih ada kendala dalam sistem OSS. Menurut dia, kecepatan perizinan dari OSS belum bisa diimbangi proses perizinan melalui sistem PTSP berbagai daerah.

Dia mengatakan, proses perizinan melalui OSS bisa selesai dalam dua jam. Namun, yang bisa diselesaikan hanya berupa NIB dan izin usaha.

Sementara untuk perizinan lainnya, seperti izin lokasi, izin lingkungan, dan izin mendirikan bangunan masih harus menunggu proses di PTSP daerah masing-masing.Inilah yang masih memakan waktu cukup lama. Maka itu, Jokowi menjadwalkan pertemuan dengan kepala daerah agar OSS bisa berjalan ideal.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...