10 Situs untuk Cek Rekam Jejak Kandidat Pemilu 2019

Cindy Mutia Annur
6 April 2019, 10:00
No image
Sejumlah warga mengikuti simulasi pemilu yang digelar KPU di SDN 02 Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat (3/2). Simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat yang masih kebingungan dengan mekanisme pencoblosan.

Kurang dari dua pekan menuju pemilihan umum (pemilu) pada 17 April 2019. Untuk menyambut pesta demokrasi itu, ada 10 situs yang menyediakan informasi seputar kandidat pemilu.

Lewat situs-situs tersebut, masyarakat bisa mengkaji program-program yang ditawarkan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres), serta legislatif (caleg). Dengan begitu, pemilih bisa memperoleh lebih banyak informasi seputar kandidat.

Pertama, platform media sosial Facebook yang merilis fitur Info Kandidat (Candidate Info) di bagian kabar beranda (home page) pada 2 April lalu. Lewat fitur ini, masyarakat bisa membandingkan program para kandidat lewat video pendek berdurasi 20 detik.

Dengan begitu, Facebook berharap masyarakat bisa mengambil keputusan yang rasional.  “Lewat video pendek, para kandidat dapat menyampaikan program dengan kata-kata mereka sendiri. Masyarakat bisa memahami visi mereka,” demikian dikutip dari siaran pers Facebook, Selasa (2/4) lalu.

(Baca: Sambut Pemilu 2019, Facebook Luncurkan Fitur Info Kandidat Dewan)

Kedua, Line Today yang merilis tab pemilu yang memuat informasi kandidat, pemilihan (polling) dan kumpulan diskon saat perayaan demokrasi pada 17 April nanti. Namun fitur diskon baru akan dirilis pada 14 April. Sedangkan polling sudah bisa diakses sejak 14 Maret lalu.

Lewat fitur ini, pengguna dapat mengakses informasi mengenai capres dan cawapres beserta para caleg dengan biodata singkat, beserta foto, slogan dan visinya. Ada pula berita terkait pemilu, infografis dan video yang membahas tentang perbedaan warna surat suara,  fakta seputar pemilu, pendamping disabilitas hingga formulir yang wajib dibawa saat pemilu.

(Baca: Jelang Pemilu, WhatsApp Gandeng Mafindo Rilis Saluran Pelaporan Hoaks)

Ketiga, infopemilu.kpu.go.id yang merupakan situs resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Situs ini memaparkan secara rinci mengenai nomor urut, nama capres dan wacapres serta caleg, dengan jenis kelamin, pekerjaan, partai politik (parpol) pengusul, dan status pendaftaran. Situs ini juga memaparkan beberapa tahapan program dan jadwal pada Pemilu.

Keempat, pintarmemilih.id. Berdasarkan penelusuran Katadata, pengguna akan diminta untuk memasukkan kecamatan atau kota yang dicari pada awal membuka situs. Kemudian, pengguna diminta untuk memilih informasi kandidat seperti DPR RI, DPD RI, DPDRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, atau Presiden dan Wapres.

Setelahnya, akan muncul informasi terkait kandidat, baik capres, cawapres ataupun caleg dari daerah yang telah dipilih. Nantinya akan muncul foto dan biodata kandidat, berikut dokumen persyaratan caleg yang dapat diunduh oleh pengguna.

Tak hanya itu, situs ini juga melampirkan informasi seputar partai politik. Bahkan, situs ini mencantumkan persentase keterlibatan perempuan dalam partai politik tesebut. Selain itu, pengguna dapat melaporkan disinformasi yang beredar melalui kontak Bawaslu yang tertera di sana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...