Ancaman Perang Dagang Meluas, IHSG dan Bursa Asia Pagi Ini Terkoreksi

Happy Fajrian
10 April 2019, 10:25
Suasana Bursa Efek Indonesia.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (10/4) pagi turun poin atau % ke posisi 6.476,78. Kinerja IHSG sejalan dengan bursa saham utama Asia yang kompak bergerak di zona merah.

Koreksi pada bursa utama Asia dipengaruhi oleh bursa Amerika Serikat (AS) yang berakhir lebih rendah pada penutupan perdagangan Selasa (9/4). Indeks Dow Jones terkoreksi 0,72% S&P 500 turun 0,61%, sedangkan Nasdaq turun 0,56%.

Advertisement

Di Asia, indeks Shanghai turun 0,93%, Hang Seng turun 0,66%, Nikkei 0,66%, Kospi 0,19%, serta KLCI turun 0,30%. Hanya indeks PSEi yang bergerak menguat hingga 0,90%, sedangkan Strait Times bergerak relatif mendatar dengan kenaikan 0,06%.

Turunnya bursa AS dan Asia dipengaruhi pernyataan Presiden AS Donald Trump yang akan memperluas perang dagangnya hingga ke Uni Eropa. Dikutip dari Reuters, Trump mengancam akan menaikkan tarif terhadap produk asal UE senilai US$ 11 miliar.

"Uni Eropa telah mengambil keuntungan dari perdagangan AS selama bertahun-tahun. Ini akan segera berhenti!," tulis Trump dalam cuitannya di Twitter, Selasa (10/4).

(Baca: Berseteru dengan Eropa, Trump Beri Sinyal Perang Dagang Belum Berakhir)

Selain itu kekhawatiran para pelaku pasar terhadap pertumbuhan ekonomi global yang melambat kembali muncul setelah International Monetary Fund (IMF) merilis tentang ancaman perlambatan ekonomi global akibat sengketa perdagangan serta adanya ketidakjelasan proses Brexit.

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya dalam risetnya Rabu (10/4) mengatakan bahwa meski IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global hingga ke level terendah, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dipertahankan di level 5,2% untuk 2019 dan 5,3% untuk 2020.

"Pertumbuhan PDB Indonesia yang stabil ini diharapkan dapat menarik semakin banyak aliran dana asing masuk. Kami memperkirakan IHSG akan diperdagangkan mixed ke level yang lebih tinggi hari ini," paparnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement