Padati Area GBK, Ribuan Buruh Serukan Tujuh Tuntutan

Image title
1 Mei 2019, 11:53
Suasana aksi memperingati hari buruh di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5).
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Suasana aksi memperingati hari buruh di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5).

Ribuan pekerja mulai memadati Tennis Indoor Senayan, Jakarta sejak pukul 08.30 WIB, dalam rangka memperingati hari buruh yang jatuh pada hari ini (1/5). Unjuk rasa tersebut mengusung tujuh tema utama.

Tema tersebut di antaranya menolak upah murah, menghapus outsourcing, meningkatkan manfaat jaminan kesehatan dan pensiun, menurunkan tarif dasar listrik dan harga sembako, serta mendorong peningkatan pendapatan guru honorer dan pengemudi ojek online.

Advertisement

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi yang dikenal dengan May Day kali ini menolak upah murah, dengan mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015. "Naikkan komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) menjadi 84 item," katanya.

(Baca: Serikat Buruh Akan Tarik Dukungan dari Prabowo Setelah 22 Mei)

Selain itu, buruh menuntut adanya demokrasi yang jujur, adil, dan damai dalam penetapan Presiden RI 2019-2024 terkait pemilihan umum (pemilu). Buruh juga akan mengawal perhitungan surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Said mengklaim, ada sekitar 50 ribu buruh yang hadir dalam aksi ini di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Hingga pukul 10.00 WIB pun ratusan bus dan sepeda motor masih terus berdatangan memasuki kawasan ini.

Acara peringatan hari buruh di Jakarta ini rencananya dibuka pada pukul 10.30 WIB. Namun, hingga berita ini ditulis, acara belum juga dimulai. Selain itu, Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto direncanakan datang dalam acara peringatan hari buruh ini.

(Baca: Jokowi dan Pimpinan Serikat Buruh Sepakat Revisi PP Pengupahan)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement