Dana Asing Mengalir Keluar Setengah Triliun, IHSG Terkoreksi 1,19%

Happy Fajrian
13 Mei 2019, 18:09
ihsg turun
Agung Samosir|KATADATA

Indeks harga saham gabungan (IHSG) turun 73,72 poin atau 1,19% ke posisi 6.135,39 pada penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin sore (13/5).

Sejalan dengan IHSG, seluruh bursa saham utama di kawasan Asia, kompak berakhir di teritori negatif. Indeks Strait Times terkoreksi hingga 1,20%, Shanghai turun 1,21%, Kospi turun 1,38% dan menjadi indeks dengan kinerja terburuk, sedangkan Nikkei turun 0,72%, KLCI turun 0,57%, dan PSEi 0,17%.

Dilansir dari Antara, analis Panin Sekuritas William hartanto mengatakan bahwa kembali berkobarnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dengan dinaikkannya tarif impor terhadap US$ 200 miliar barang Tiongkok pada Jumat (10/5) kemarin menjadi sentimen negatif bagi IHSG dan bursa Asia.

"Perang dagang sudah jalan. Karena itu arus dana asing berpindah kembali ke AS," ujar William di Jakarta, Senin (13/5). Sepanjang hari ini, menurut data RTI Infokom, dana asing mengalir keluar dari pasar saham hingga lebih dari setengah triliun rupiah, tepatnya Rp 565,11 miliar di pasar reguler.

(Baca: Dibuka di Zona Hijau, IHSG Rawan Koreksi karena Sentimen Perang Dagang)

Dilansir dari Reuters, pemerintah AS mengatakan bahwa kenaikan tarif tersebut bisa saja dibatalkan, namun hal itu tergantung dari perkembangan perundingan dagang lanjutan dengan Tiongkok. Sementara itu pemerintah AS juga tengah menyiapkan kenaikan tarif terhadap US$ 325 miliar impor produk asal Tiongkok yang selama ini belum tersentuh perang dagang.

Pemerintah Tiongkok pun telah mengisyaratkan akan membalas kenaikan tarif yang diberlakukan oleh AS tersebut. Kementerian Perdagangan Tiongkok menyatakan bahwa mereka siap melakukan aksi balasan terhadap impor produk AS, namun menolak untuk menjelaskan lebih lanjut aksi balasan seperti apa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...