Diwarnai Sentimen Perang Dagang, IHSG Lanjutkan Tren Koreksi

Happy Fajrian
14 Mei 2019, 11:06
IHSG lanjutkan koreksi seiring memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
IHSG lanjutkan koreksi seiring memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) melanjutkan tren koreksinya pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (14/5). IHSG turun 53,99 poin atau 0,88% ke posisi 6.081,40 dibandingkan posisi penutupan kemarin di level 6.135,39.

Nasib yang sama juga dialami bursa saham utama di kawasan Asia yang pagi ini sudah terkoreksi cukup dalam. Indeks Strait Times sementara ini sudah terkoreksi 0,98%, Shanghai turun 0,27%, Hang Seng anjlok 1,45%, Nikkei turun 0,97%, PSEi turun 1,97%, serta KLCI 0,49%. Hanya Kospi yang bergerak positif, naik 0,24%.

Kepala Analis Valbury Sekuritas Indonesia Alfiansyah memperkirakan pergerakan IHSG hari ini masih akan dipengaruhi oleh sentimen dari eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

"Pergerakan IHSG pada perdagangan saham hari ini masih diwarnai sentimen negatif atas kebuntuan pertemuan AS dengan Tiongkok dalam membahas perang dagang. Di sisi lain, faktor dari dalam negeri minim katalis positif bagi pasar," papar Alfiansyah dalam risetnya hari ini.

(Baca: Tiongkok Serang Balik, Petani AS Marah Kepada Pemerintah Trump)

Halaman:
Reporter: Happy Fajrian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...