Pesanan GrabFood Melonjak hingga Lima Kali Selama Ramadan

Penulis: Michael Reily

Editor: Ekarina

12/6/2019, 16.06 WIB

Pesan-antar makanan dari Gojek, Go-Food, juga meningkat hingga 86 % selama Ramadan 2019.

Pesanan GrabFood Melonjak hingga Lima Kali Selama Ramadan
Shutterstock

Ramadan membawa berkah bagi mitra pedagang GrabFood. Selama periode tersebut,  jumlah pesanan makanan yang diterima mitra pedagang meningkat hingga lima kali dibandingkan hari biasanya, dengan menu favorit yang banyak dipesan untuk berbuka puasa seperti buble tea dan ayam geprek.

GrabFood  juga mencatat waktu paling sibuk bagi para mitra pengemudi serta mitra pedagang selama Ramadan adalah pukul 16.00 hingga 19.00. "Waktu berbuka merupakan waktu yang paling ditunggu, dan menjelang berbuka GrabFood menerima jumlah order paling banyak," demikian keterangan resmi dari Grab, Rabu (12/6).

(Baca: Saingi Go-Food Festival, GrabKitchen Bangun Dua Dapur Baru di Jakarta)

Selain menjelang berbuka, jam makan siang merupakan periode sibuk dalam layanan pesan antar GrabFood. Pemesanan makanan dari GrabFood juga meningkat setelah waktu salat Tarawih dengan menu makanan favorit seperti nasi dengan lauk ayam.

Untuk varian lain, GrabFood mencatat menu camilan paling favorit pelanggan selama Ramadan adalah pisang goreng dan martabak. Menurut YouGov, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kebiasaan ngemil tertinggi di Asia Pasifik.

Kehadiran GrabKitchen juga membawa dampak positif karena pilihan santapan dan waktu pengantaran lebih singkat. Melalui GrabKitchen, pelanggan dapat memesan beberapa menu berbeda sekaligus dalam satu pesanan.

Contohnya, pelanggan boleh memesan bakso, ayam goreng, burger, dan milk tea dari merchant dalam satu pesanan yang sama. Menurut Grab, "Selama Ramadan, jumlah pesanan GrabKitchen meningkat signifikan dengan ayam dan Thai tea sebagai menu yang paling banyak dipesan."

(Baca: Startup Pesan-Antar Makanan Asal Malaysia Berencana Masuk Indonesia)

GrabKitchen merupakan dapur delivery-only yang menggabungkan sejumlah brand makanan dan minuman dalam satu dapur sentral untuk memenuhi permintaan santapan di wilayah tertentu. GrabFood telah mengoperasikan tiga GrabKitchen di Jakarta, yaitu Kedoya, Cideng, dan Kramat.

Serupa dengan yang dialami aplikasi layanan pesan antar GrabFood, Gojek juga mencatat peningkatan layanan pesanan Go-Food hingga 86 % selama Ramadan 2019. Selain perubahan pola makan pengguna, peningkatan pesanan ini didorong oleh program promo.

Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, pola pesanan Go-Food berubah selama Bulan Puasa. Jika biasanya pesanan Go-Food tinggi pada saat jam makan siang dan malam, saat Ramadan banyak order masuk menjelang berbuka puasa.

Selain itu, grafik pesanan kembali naik pada larut malam. “Pesanan juga meningkat pada pukul 21.00 hingga 23.00, biasanya untuk persiapan sahur,” ujar Catherine, bulan lalu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha