SKK Migas Yakin LNG Blok Masela Terserap Domestik saat Produksi 2027

Image title
20 Juni 2019, 14:28
blok masela
Arief Kamaludin | Katadata
SKK Migas yakin mampu menjual produksi LNG Blok Masela di tengah maraknya peningkatan produksi LNG secara global dalam beberapa tahun mendatang.

Wood Mackenzine menyatakan sejumlah proyek LNG dengan kapasitas lebih dari 90 juta metrik ton per tahun (MMTPA) akan memasuki tahapan Keputusan Investasi Final (FID) selama 2019-2020. Ini berarti akan ada persaingan ketat penjualan LNG pada 2027. 

Biarpun begitu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) optimistis bisa menjual gas Blok Masela yang ditargetkan produksi pada 2027. SKK Migas akan mengandalkan pasar domestik untuk memasarkan LNG Blok Masela

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan, akan ada kebutuhan gas di dalam negri karena  produksi gas dari lapangan migas eksisting mengalami penurunan. Untuk itu, produksi gas Blok Masela akan menggantikan penurunan produksi gas tersebut.

"Tujuh tahun mendatang mungkin 50% dari produksi gas eksisting ini akan menurun. Munculnya Blok Masela untuk menggantikan apa yang sudah diproduksi," ujar Dwi di Gedung Kementerian ESDM, Rabu (19/6).

Namun Dwi belum bisa menyebut besaran produksi Blok Masela yang akan dialokasikan untuk kebutuhan domestik. Penentuan alokasi produksi gas dan harga jual gas Blok Masela dan akan dihitung setelah revisi rencana pengembangan (PoD) Blok Masela diserahkan oleh Inpex Corporation. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...