Dibuka Turun Tipis 0,04%, IHSG Berpeluang Menguat Hari Ini

Happy Fajrian
5 Juli 2019, 10:17
ihsg hari ini, saham pilihan
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG akhir pekan, Jumat (5/7) mengawali perdagangan di BEI dengan koreksi tipis 0,04% ke posisi 6.373,32.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) akhir pekan, Jumat (5/7), membuka perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan koreksi sebesar 2,65 poin atau 0,04% ke posisi 6.373,32.

Pada lima belas menit pertama perdagangan dimulai, IHSG bergerak fluktuatif dengan bergerak naik ke teritori positif di level 6.386,64 atau naik %, kemudian kembali ke teritori negatif di level 6.372,5 atau turun %.

IHSG mengikuti jejak langkah bursa saham utama di Asia yang juga ditransaksikan di zona merah. Hingga berita ini dibuat, indeks Strait Times turun 0,09%, Hang Seng turun 0,24%, Shanghai turun 0,33%, Nikkei turun 0,15%, dan Kospi turun 0,57%.

Investor saat ini tengah menantikan data tenaga kerja non pertanian yang akan menentukan sikap The Fed dalam menurunkan bunga acuannya bulan ini. Jika lapangan kerja yang tercipta pada periode Juni 2019 kurang dari 100.000, The Fed kemungkinan akan memangkas bunga acuannya lebih cepat pada bulan ini alih-alih menunggu sampai September.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG Juli di Zona Bearish Tertahan Sektor Riil)

IHSG hari ini pun diprediksi akan bergerak naik karena Indeks Future AS yang menguat serta indeks saham benua biru yang diperdagangkan lebih tinggi pada penutupan perdagangan Kamis (4/7).

"Potensi menguatnya indeks future AS, di tengah ketidakpastian global, bisa berdampak bagi pasar saham Asia dan sentimen ini berpotensi menjadi katalis positif bagi IHSG pada hari ini," kata Analis Valbury Sekuritas Indonesia, Alfiansyah dalam risetnya hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...