Pajero Sport, Si Pemimpin di Kelas SUV

Penulis: Tim Publikasi Katadata

9/7/2019, 14.26 WIB

Di tahun ini, Mitsubishi Pajero Sport kembali meraih Best of High SUV Diesel dari Tabloid Otomotif lewat Otomotif Award yang digelar pada 28 Maret 2019.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi

Mitsubishi untuk pertama kalinya memperkenalkan Pajero ke pasar Indonesia  pada 1995 lewat Pajero GLS 3.000 cc – 6V dengan mesin gasoline atau bensin. Tiga belas tahun kemudian, tepatnya pada 2008, Mitsubishi kembali meluncurkan Pajero Exceed 3.8 dengan mesin diesel.

 

Mitsubishi Pajero adalah kendaraan di kategori Upper High SUV yang juga menjadi dasar pengembangan Pajero Sport di kelas Medium SUV.

 

Pajero Sport pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2009 dengan tiga varian andalannya di kelas SUV 4x2 dan 4x4: Exceed, GLS dan GLX dengan mesin diesel. Pada tahun 2011, diperkenalkanlah varian baru Pajero Sport Dakar dengan mesin 2.5-liter DI-D Commonrail with Variable Geometry Turbo (VGT) yang lebih bertenaga, handal, namun tetap efisien bahan bakar.

 

Kemudian pada tahun 2013, dilakukan refreshment total dari seluruh varian dengan 9 perubahan di eksterior dan interior, memberikan tampilan yang semakin sportif, dinamis dan agresif. Dan tahun 2014, Mitsubishi meluncurkan New Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220PS yang memberikan tenaga yang besar namun suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

 

Sambutan baik masyarakat Indonesia membuat Pajero Sport terus menorehkan prestasi, diantaranya market leader di kelas SUV 4X4 serta diraihnya lebih dari 22 penghargaan dari media nasional dan prestasi di kancah reli seperti Juara 1 kelas Free For All, Indonesia Speed Offroad 2013.

 

Sejak masuk ke pasar Indonesia, Pajero Sport memang langsung merebut hati konsumen di Tanah Air dan menjadi pemain utama di kelasnya. Meski mendapat saingan yang ketat dari para kompetitornya, Mitsubishi Pajero Sport mampu mengungguli para pesaingannya dengan varian-varian baru yang lebih tangguh, keren, dan canggih.

 

Dengan tagline baru ‘A Vision to Explore’, pada 2016, Mitsubishi kembali meluncurkan All New Pajero Sport. Model terbaru ini bahkan berhasil meraih Otomotif Award paling bergengsi sebagai “Car of the Year 2016” versi Tabloid Otomotif. Tak hanya satu penghargaan, tapi juga berhasil menyabet tiga penghargaan lainnya, yaitu The Best SUV, The Best Mid SUV Diesel, dan Favourite Car.

 

Mitsubishi melakukan restrukturisasi pada 2017. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia atau MMKSI, yang sebelumnya bernama PT Krama Yudha Tiga Berlian, menjadi distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga ringan.

 

Di tahun yang sama, dalam ajang International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, pada 27 April 2017, MMKSI meluncurkan Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate. Mobil tersebut merupakan rakitan lokal (CKD) dan merupakan produksi perdana yang dihasilkan pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, di bawah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

 

Pada 2018, MMKSI mengawalinya dengan meluncurkan dua varian Pajero Sport, yaitu Exceed 4x2 AT dan GLX 4x4 MT. Varian ini mendapat penyempurnaan dan diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal mencapai 34 persen.

 

Sementara Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition, yang merupakan edisi terbatas model Pajero Sport, diluncurkan bersamaan dengan varian Triton Athlete pada ajang IIMS 2018. Rockford Fosgate memperoleh penerimaan yang sangat baik dan kembali dipasarkan pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

 

Di tahun ini, Mitsubishi Pajero Sport kembali meraih Best of High SUV Diesel dari Tabloid Otomotif lewat Otomotif Award yang digelar pada 28 Maret 2019 lalu.

Merujuk pada data penjualan ritel Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 34.100 unit selama kuartal pertama tahun 2019 (Januari-Maret). Pajero Sport pun sukses menjadi pemimpin di kelas Middle SUV dengan pangsa pasar 45.7% atau 5,108 unit untuk transmisi 4X2 dan 69% atau 471 unit untuk transmisi 4X4.

 

Rilis MKKSI menyebutkan, Pajero Sport juga telah menerima 39 penghargaan dari berbagai media dan institusi di Indonesia. Saat ini Pajero Sport memiliki enam varian, yakni Dakar 4X4 AT, Dakar Ultimate 4X2 AT, Dakar 4X2 AT, Exceed 4X2 AT, Exceed 4X2 MT, dan GLX 4X4 MT. Setiap kendaraan tersedia empat warna, yaitu Quartz White Pearl, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Diamond Black Mica.

 

Di bulan Juni 2019 ini MMKSI juga telah menyiapkan program menarik untuk pembelian Pajero Sport, antara lain Program cicilan ringan atau bunga 0% dengan pembiayaan tertentu, serta gratis paket purnajual SMART Silver. Selengkapnya dapat Anda lihat di sini.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha