Bangun Jembatan Lengkung LRT Jabodebek, Adhi Karya Raih Dua Rekor Muri

Image title
11 November 2019, 13:35
 Adhi Karya meraih dua rekor Muri atas jembatan lengkung LRT Jabodebek
adhi karya
Ilustrasi foto udara proses pengecoran terakhir Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan Proyek LRT Jabodebek di Jakarta, Senin, (11/11/2019). Adhi Karya meraih dua rekor Muri atas jembatan lengkung LRT Jabodebek.

Perusahaan di bidang jasa konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) meraih dua Rekor Muri) atau Museum Rekor Indonesia atas desain jembatan lengkung kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek). Infrastruktur ini terletak di persimpangan jalan HR Rasuna Said dan jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. 

Rekor pertama sebagai jembatan kereta boks beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia. Yang kedua, rekor pengujian axial statistic loading test pada fondasi bored pile dengan beban terbesar di Tanah Air.

Jembatan LRT tersebut membentang 148 kilometer (km) dengan Panjang lengkungan 115 meter. Berat material betonnya mencapai 2.929,7 ton atau setara 5,2 kali berat pesawat Airbus.

(Baca: Jembatan Lengkung Kuningan Rampung, Progres LRT Jabodebek Capai 67%)

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menjelaskan, perusahaannya membangun jembatan itu dengan metode balance cantilever,” kata dia di Jakarta, Senin (11/11). Balance cantilever adalah metode pembangunan jembatan dengan memanfaatkan efek kantilever seimbangnya sehingga sruktur dapat berdiri sendiri, mendukung beratnya tanpa bantuan sokongan lain supaya tidak mengganggu aktivitas di bawahnya, dalam hal ini arus lalu lintas Tol JORR.

Budi mengatakan, metode tersebut yang paling memungkinkan untuk dilakukan dan efisien. “Dari pilihan itu kami mendapatkan rekor muri," kata dia.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...