Dibayangi Negosiasi Dagang AS-Tiongkok, Harga Minyak Dibuka Melemah

Image title
27 November 2019, 08:51
dibayangi negosiasi dagang as dan tiongkok serta pertemuan opec, harga minyak dunia dibuka melemah
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi, petugas melintas di depan jaringan pipa minyak di kilang unit pengolahan (Refinery Unit) V, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (23/10/2019).

Harga minyak mentah dunia melemah pada pembukaan perdagangan hari ini (27/11). Ada dua faktor yang memengaruhi yakni negosiasi dagang Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok dan pertemuan negara-negara pengekspor minyak.

Berdasarkan data Reuters, harga minyak jenis Brent melemah US$ 25 sen menjadi US$ 64,02 per barel pada pembukaan hari ini. Begitu juga dengan minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 14 sen menjadi US$ 58,27 per barel.

Vice President Tradition Energy di Stamford, Connecticut, Gene McGillian mengatakan, negosiasi dagang AS dan Tiongkok hampir mencapai kesepakatan tahap pertama. Negosiator utama kedua negara berbicara melalui telepon dan setuju untuk melanjutkan diskusi.

(Baca: Ada Optimisme Negosiasi Dagang AS-Tiongkok, Harga Minyak Menguat Tipis)

Diskusi itu berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan di Tiongkok. Pemerintah Negeri Tirai Bambu memanggil Duta Besar AS, Senin (25/11) lalu terkait protes pasal UU Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong yang disetujui Kongres AS.

"Pendukung utama harga (minyak) yakni gagasan bahwa akan ada pelonggaran perang dagang,” kata McGillian dikutip dari Reuters, Rabu (27/11). Jika ada perbaikan dari kondisi perang dagang, kekhawatiran akan perlambatan ekonomi dan dampaknya terhadap permintaan minyak bakal hilang dari pasar.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...