Percepat Transisi Blok Rokan, Kementerian ESDM Akan Surati Chevron

Image title
5 Desember 2019, 11:18
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengirim surat ke Chevron dan Pertamina untuk mempercepat transisi blok rokan
Katadata
Ilustrasi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengirim surat ke Chevron dan Pertamina dalam waktu dekat. Kementerian meminta agar proses transisi Blok Rokan antara kedua perusahaan dipercepat.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto memastikan, akan mendorong proses transisi tersebut supaya berjalan mulus. Walaupun, hingga saat ini dirinya belum mendapat laporan terkait hasil diskusi Chevron dan Pertamina.

"Nanti saya kirim surat ke pihak terkait (Chevron dan Pertamina) dalam waktu dekat ini," ujar Djoko ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (4/12) malam.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sudah meminta Chevron dan Pertamina untuk mempercepat transisi Blok Rokan. Mereka khawatir, produksi di blok migas tersebut bakal menurun.

(Baca: Chevron Diimbau Buka Diri ke Pertamina untuk Transisi Blok Rokan)

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu misalnya, mendesak Pertamina memulai investasi di Blok Rokan sebelum 2021. Ia juga meminta Chevron memberikan akses kepada Pertamina untuk ikut masuk mengelola blok migas itu selama masa transisi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...