Tekan Impor, Pemerintah Bakal Ubah Batas Bea Masuk Jasa Pengiriman

Rizky Alika
17 Desember 2019, 08:47
Tekan Impor, Pemerintah Bakal Ubah Batas Bea Masuk Jasa Pengiriman.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana kegiatan ekspor impor di kawasan Tanjung Priok,  Jakarta Utara (28/6). Pemerintah akan memperketat impor barang dengan menurunkan batas pemebebasan bea masuk dan pajak impor (de minimis value).

Pemerintah akan memperketat impor barang dengan menurunkan batas pemebebasan bea masuk dan pajak impor (de minimis value). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, perubahan kebijakan tersebut bertujuan untuk menekan impor barang konsumsi.

"Impor sekarang ini banyak barang konsumsi. Jadi kami keluarkan kebijakan baru terkait e-commerce," kata Agus di Hotel Mandarin, Jakarta, Senin (16/12).

Menurutnya, batas pembebasan bea masuk dan pajak impor bakal diturunkan dari yang sebelumnya US$ 75 atau setara Rp 1,05 juta (kurs 14.010 per US$). Namun, mengenai besaran batas masih didiskusikan dengan Kementerian Keuangan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 112 tahun 2018 pasal 13 ayat 1, barang kiriman yang diimpor untuk dipakai sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 ayat (1) huruf a, dapat diberi pembebasan bea masuk dengan nilai pabean paling banyak free on board (FOB) sebesar US$75. 

(Baca: Batas Bea Masuk Bakal Diturunkan, Nasib Bisnis Jastip Makin Terancam)

Artinya, jika barang kiriman bernilai lebih dari US$ 75 akan dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Jika batas nilai barang yang terkena bea masuk ini diturunkan di bawah US$ 75, produk impor yang dibawa secara langsung juga akan menurun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...