Masalah Lahan Beres, PEP Siap Mengebor Dua Sumur Eksplorasi di Papua

Image title
5 Februari 2020, 13:15
pertamina, eksplorasi migas
Pertamina EP
Ilustrasi, pekerja Pertamina EP (PEP). PEP telah menyepakati harga lahan untuk mengebor dua sumur eksplorasi di Papua.

Pertamina EP (PEP) bersiap mengebor dua sumur eksplorasi di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sebab, perusahaan telah menyelesaikan pembebasan lahan untuk kegiatan tersebut.

Presiden Direktur PEP Nanang Abdul Manaf menjelaskan pihaknya dan pemegang Hak Guna Usaha (HGU) telah bersepakat mengenai harga lahan untuk eksplorasi migas di Papua. Setelah pembayaran rampung, anak usaha hulu Pertamina itu bisa memulai kegiatan pengeboran pada pertengahan tahun ini.

"Kalau sudah dibayar baru kami land clearing. Kemudian konstruksi pertengahan tahun ini karena kan harus mobilisasi rignya," ujar Nanang saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (4/2) malam.

Adapun kedua sumur yang dimaksud yakni sumur eksplorasi Buah Merah-A dan Kembo-A. Kedua sumur eksplorasi tersebut merupakan hasil survei seismik Klamasosa.

Sebelumnya, PEP harus menunggu perizinan pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) untuk mengebor sumur Kembo-A. Sedangkan untuk pengeboran sumur Buah Merah-A harus menunggu kesepakatan dengan PT. HIP selaku pemegang Hak Guna Usaha (HGU).

(Baca: Umur Produksi Minyak Pertamina Hanya 9 Tahun)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...