Gojek Tanggapi Viral Mitra GoFood Catut Nama Restoran Terkenal

Fahmi Ahmad Burhan
24 Februari 2020, 16:09
Gojek Tanggapi Viral Mitra GoFood Catut Nama Restoran Terkenal
Go-Jek
Ilustrasi, GoFood Festival

Pengguna Twitter mengungkap temuan beberapa mitra GoFood yang meniru nama restoran terkenal. Gojek sudah menerima laporan terkait hal itu, salah satunya mitra di Yogyakarta.

Mitra yang tidak sebutkan namanya itu memakai nama merek dagang restoran lain. Namun, berdasarkan kajian Gojek, mitra GoFood tersebut tidak melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP).

Walaupun salah satu yang diatur dalam SOP itu yakni melarang plagiat merek. "Ada beberapa laporan dan kami kasih edukasi agar tidak terjadi hal seperti ini (meniru merek)," kata Vice President Corporate Affairs Food Ecosystem Rosel Lavina di Jakarta, Senin (24/2).

Apabila produk dan merek toko atau restoran sama namun pemiliknya berbeda, maka pendaftarannya otomatis ditolak sistem GoFood. “Tidak akan ter-approve. Kami verifikasi dulu, apakah itu franchise (waralaba)," ujar Rosel.

(Baca: Makin Ketat, Gojek & Grab Rilis Fitur Baru Pesan-Antar Makanan di 2020)

Temuan itu diungkap oleh salah satu pengguna Twitter Dadad Sesa dengan nama akun @Javafoodie_. Ia mengunggah tangkapan layar tentang dua mitra GoFood dengan nama Rm Padang Duta Minang Asli dan Duta Minang Family. “Kanan yang asli (Duta Minang Family),” kata dia, pekan lalu (19/2).

Dia juga mengunggah beberapa tangkapan layar yang memuat gambar nama-nama mitra GoFood dengan nama yang hampir mirip. Di antaranya Sego Sambel Bu Ahmad, Ayam Geprek Malioboro, Bebek Goreng Pak Gendut, Gado-gado Monjali, Nasi Bali Bu Carik, Indomie Upsize, Bebek Goreng Pak Slamet, dan Sate Ayam Artomoro.

Menurut Dadad, para mitra yang memakai nama mirip restoran terkenal itu menincar turis yang belum mengenal merek aslinya. "Pokoknya target mereka itu turis yang order (mitra) yang buka 24 jam,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...