Mulai Senin, Semua Kereta dan TransJakarta Beroperasi Jam 06.00-20.00

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2020, 21:45
transportasi, virus corona, kereta
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Penumpang berdesakan saat menaiki KRL Commuterline dari Jakarta menuju Bogor, Kamis (12/3/2020). Semua moda kereta dan TransJakarta hanya beroperasi 06.00-20.00 mulai Senin (23/3)

Menyebarnya virus corona Covid-19 membuat transportasi publik di wilayah Jabodetabek membatasi jam operasionalnya mulai Senin (23/3). Kendaraan umum yang mengurangi jam beroperasi adalah Lintas Raya Terpadu (LRT), KRL Commuter Line, Moda Raya Terpadu (MRT), serta TransJakarta.

Seluruh transportasi publik ini hanya akan beroperasi dari jam 06.00 WIB sampai 20.00 WIB. LRT Jakarta menjelaskan kebijakan ini berlaku dari 23 Maret sampai 5 April 2020.

 “Kebijakan ini dibuat untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi potensi penyebaran virus corona,” demikian keterangan resmi LRT Jakarta, Minggu (22/3).

(Baca: Anies Kembali Batasi Jam Operasional Transjakarta dan MRT)

Alasan mencegah menyebarnya corona juga disampaikan PT Kereta Commuter Indonesia. Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan penyesuaian jam ini dilakukan sebagai bentuk sinkronisasi KRL dengan moda lainnya.

Selain itu dia menjelaskan, jumlah penumpang KRL dalam sepekan terakhir turun 50% dari normalnya 900 ribu hingga 1,1 juta penumpang per hari. “Apabila bukan keperluan yang mendesak sebaiknya mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap di rumah," kata Anne.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...