Konsumsi BBM Turun, Pertamina Tetap Tambah Impor Minyak saat Corona

Image title
3 April 2020, 14:22
pertamina, harga minyak
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Pertamina menambah impor minyak mentah. Padahal virus corona menurunkan permintaan minyak.

Pertamina memanfaatkan penurunan harga minyak dunia dengan menambah impor minyak mentah. Padahal, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) perusahaan itu menurun.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyebut penambahan impor tersebut untuk menjamin pasokan energi di Tanah Air. Tambahan pasokan minyak mentah nantiya disimpan dalam tangki darat atau terapung di Indonesia. 

Advertisement

"Tambahan impor minyak mentah akan meningkatkan ketersediaan dalam negeri yang akan diolah di kilang Pertamina," ujar Fajriyah dalam siaran pers pada Jumat (3/4).

Padahal, pasokan BBM Pertamina masih cukup banyak. Perusahaan itu mencatat pasokan untuk produk jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, dan Pertamax aman di atas 22 hari. Bahkan pasokan produk Pertamax Turbo mencapai 42 hari dan Minyak Tanah mencapai 89 hari.

Produk jenis gasoil yakni Solar dan Dexlite mencapai level di atas 24 hari. Untuk pasokan Pertamina Dex secara nasional tercatat mencapai 53 hari.

Di sisi lain, Pertamina justru mencatat penurunan konsumsi BBM secara signifikan. "Penurunan konsumsi harian BBM sebesar 16% menjadi 113 juta liter dari rata-rata komsumsi normal harian sebesar 134 juta liter ”kata Fajriyah.

(Baca: Pertamina Tak Pangkas Investasi Migas Meski Harga Minyak Terpuruk

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement