Eijkman Kantongi Dana Rp 14 M untuk Laboratorium Pendeteksi Covid-19

Dimas Jarot Bayu
6 April 2020, 14:43
pandemi corona, Eijkman, laboratorium
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Peneliti menguji sampel menggunakan teknologi terbaru Polymerase Chain Reaction (PCR) berbasis digital (ddPCR) di Laboratorium Genomik dan Perbaikan Mutu Tanaman, LIPI, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan dana sebesar Rp 14 miliar kepada Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas Eijkman dalam mendeteksi virus corona atau Covid-19.

“Gugus Tugas beberapa hari lalu telah mengundang Kepala Eijkman untuk menerima bantuan dana sebesar Rp 14 miliar yang diharapkan bisa sesegera mungkin meningkatkan kemampuannya dalam pemeriksaan (corona),” kata Doni usai rapat terbatas.

Doni mengatakan hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas, Senin (6/4) yang menginginkan upaya mendeteksi virus corona dapat dipercepat dengan peningkatan kapasitas laboratorium.

(Baca: Provinsi Jakarta Bersiap PSBB, Kemungkinan Libatkan Daerah Penyangga)

Jokowi juga meminta agar pemeriksaan melalui rapid test ditingkatkan kemampuannya. Hanya saja, Doni menilai hal tersebut tidaklah mudah.

Alasannya, banyak negara yang berebut untuk mendapatkan peralatan rapid test yang dapat mendeteksi corona. Apalagi, ada 207 negara yang saat ini sudah terinfeksi virus mematikan tersebut di seluruh dunia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...