Kominfo Temukan 1.096 Hoaks Corona, 77 Kasus Ditangani Kepolisian

Desy Setyowati
7 April 2020, 21:30
Kominfo Temukan 1.096 Hoaks Corona, 77 Kasus Ditangani Kepolisian
Kominfo
Ilustrasi, konten virus corona yang distempel hoaks oleh Kominfo beredar pada Mei 2019.

Jumlah hoaks terus meningkat di tengah pandemi corona. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahkan menemukan 1.096 kabar bohong terkait Covid-19.

Sebanyak 77 di antaranya sudah ditangani kepolisian. “Saat ini, total 1.096 isu hoaks terkait Covid-19 yang tersebar di Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube,” kata Menteri Kominfo Johnny Plate dalam siaran pers, Selasa (7/4).

Advertisement

Dari jumlah tersebut, 359 di antaranya sudah diblokir (take down). Sedangkan 737 konten lainnya dalam proses untuk ditindaklanjuti.

Keseluruhan sebaran hoaks tersebut memuat 466 isu. (Baca: Hoaks Corona Capai 466: Pekerja Tiongkok di Ancol hingga Rukiah Trump)

Kendati jumlah hoaks terus meningkat, Johnny sempat mengatakan tidak akan memblokir internet. Sebab, masyarakat mengandalkan internet untuk belajar dan bekerja dari rumah selama pandemi corona.

Kementerian justru berfokus menjaga pemanfaatan cakupan frekuensi (bandwidth) operator seluler agar tetap optimal. Hal ini bertujuan menjaga kualitas layanan data untuk mendukung work from home.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement