Jaga Stabilitas Harga Peternak, Berdikari Distribusikan 5.040 Kg Telur

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

19/5/2020, 15.54 WIB

Berdikari langsung menyerap telur dari peternak melalui koperasi Putra di Blitar sebanyak 5.040 kg yang dibeli seharga 16.500/kg.

Jaga Stabilitas Harga Peternak, Berdikari Distribusikan 5.040 Kg Telur.
ANTARA FOTO/ Akbar Tado/aww.
Pekerja mengambil telur ternaknya di kelurahan Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (15/4/2020). Berdikasi dan BGR Logistics Distrubusikan pasokan telur ke warung mitra Kemenkop.

BUMN bidang pangan, PT Berdikari (Persero) bekerjasama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics mendistribusikan 5.040 kilogram pasokan telur. Langkah ini untuk mendukung program Warung Tetangga dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) sekaligus menjaga ketersediaan telur di masyarakat. 

Kerja sama ini ditandai dengan penyerahan telur dari Berdikari ke gudang konsinyasi BGR Logistics.

"Ini merupakan bagian dari partisipasi Berdikari dalam menjaga sumber makanan protein hewani serta menjaga stabilitas harga telur di level peternak," kata Direktur Operasional PT Berdikari (Persero), Muhammad Hasyim seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (19/5).

(Baca: Berdikari Serap 500 Ribu Ekor Ayam dari Peternak untuk Dongkrak Harga)

Oleh sebab itu, Berdikari langsung menyerap telur dari peternak melalui koperasi Putra di Blitar sebanyak 5.040 kg yang dibeli seharga 16.500/kg. Langkah ini juga diharapkan dapat membantu peternak dalam proses distribusi produk.

Direktur Utama BGR Logistics Kuncoro mengatakan, pihaknya akan membantu proses distribusi penjualan telur-telur milik Berdikari. Distribusi tersebut akan dilakukan sampai ke pelaku UKM warung yang telah tergabung dalam program warung tetangga milik Kemenkop.

Proses pemasaran, distribusi akan dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh BGR Logistics. Selain itu, pembelian telur Berdikari oleh pelaku UKM warung nantinya dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

“Diharapkan para pelaku UKM warung dapat menjaga ketersediaan stok barang yang akan dijual ke masyarakat,” ujar Kuncoro.

Dengan memperkuat rantai pasok ini, dia berharap masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan di warung-warung yang telah bekerjasama dalam program warung tetangga. 

(Baca: UMKM Terimbas Corona, Menteri Teten Pilih Beri Bansos Ketimbang Kredit)

Asisten Deputi Bidang Perikanan dan Peternakan, Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo mengapresiasi atas dukungan Berdikari dan BGR Logistics dalam mendukung kelancaran program berbelanja di warung tetangga.

“Saya berharap lebih banyak pihak turut serta terlibat dalam program Warung Tetangga untuk mendukung para pelaku UMKM dan koperasi,” kata Budi.

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan