Direktur PLN Berikan Tip Agar Tagihan Listrik Tak Melonjak Lagi

Image title
24 Juni 2020, 19:27
PLN, listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Direksi Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN memberikan tip agar tagihan listrik pelanggan tak lagi membengkak pada bulan depan.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mencatat ada 4,3 juta pelanggan mengalami lonjakan tagihan listrik pada bulan ini. Perusahaan pelat merah itu pun memberikan tip agar tagihan listrik pelanggan tak lagi membengkak.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan tagihan listrik bisa membengkak jika pemakaian listrik pelanggan meningkat. Selain itu, lonjakan tagihan juga terjadi jika petugas PLN tak bisa mengakses rumah pelanggan untuk memeriksa stand meter listrik.

Tagihan juga bisa melonjak apabila pelanggan tidak melaporkan stand secara mandiri. Oleh karena itu, Bob memberikan tiga pedoman untuk menjaga tagihan tetap murah.

Pertama, pelanggan harus mengetahui pola pemakaian listrik. "Pemakaian listrik harus disesuaikan kebutuhan," kata Bob ke Katadata.co.id pada Rabu (24/6).

Kedua, pelanggan disarankan menggunakan peralatan yang hemat energi. Terakhir, pelanggan disarankan tidak menyalakan dan mematikan peralatan listrik terlalu sering.

"Pemakaian tidak start-stop, misalnya saat menyetrikan baju langsung sekaligus," ujarnya.

(Baca: Menuai Banyak Protes, PLN Perbarui Aplikasi untuk Tingkatkan Layanan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...