Saka Buka Opsi Pakai Fasilitas Masela untuk Kembangkan West Yamdena

Anggita Rezki Amelia
14 Mei 2018, 20:38
Rig
Katadata

PT Saka Energi Indonesia membuka peluang bekerja sama dengan Inpex Corporation dalam pengembangan Blok West Yamdena. Opsinya, pengembangan Blok West Yamdena akan menggunakan fasilitas produksi Masela karena lokasinya berdekatan.

Direktur Utama Saka Tumbur Parlindungan mengatakan kemungkinan itu bisa terjadi karena Blok Masela juga masih tahap pengembangan. “Kalau nanti Masela sudah jadi, mungkin kami memakai atau bergabung dengan fasilitas mereka," kata dia di Jakarta, Senin (14/5).

Adapun wilayah Kerja West Yamdena berlokasi di wilayah Kepulauan Tanimbar daratan dan lepas pantai Maluku yang dekat dengan Masela. Blok tersebut dimenangkan oleh Saka pada lelang blok migas 2017 lalu dan kontraknya baru diteken hari ini, Senin (14/5).  

Di Blok West Yamdena, Saka akan melakukan komitmen pasti di tiga tahun pertama. Komitmen itu terdiri dari tiga kegiatan Geological & Gephysical (G&G) dan seismik dua dimensi (2D) sepanjang 1.000 km. Total nilai komitmen pastinya mencapai US$ 2,1 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$ 500 ribu.

Tumbur memperkirakan cadangan gas Blok West Yamdena bisa mencapai 45 triliun kaki kubik (TCF). Namun, untuk membuktikannya, Saka melalui anak usahanya PT Saka Energi Yamdena Barat akan melakukan studi dan dilanjutkan seismik. "Terus studi ulang. Jadi lebih detail lagi studinya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...