Kilang Pertamina Kerap Terbakar, Erick Thohir Ingatkan Direksi

Happy Fajrian
18 Mei 2022, 18:19
pertamina, erick thohir, kilang, kilang balikpapan, kebakaran kilang,
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Handout/Novi Abdi/Bay/wsj.
Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pertamina berusaha menangani kebakaran yang terjadi di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong adanya standardisasi baku kepada Pertamina terkait kilang. Hal ini terkait terus berulangnya kebakaran di area kilang Pertamina. Terbaru, kebakaran terjadi di Plant 5 Kilang Balikpapan pada Sabtu (15/5).

"Saya kemarin sudah menelepon direksi Pertamina, tadi juga saya rapat lagi untuk memastikan adanya standardisasi yang baku mengingat hal ini merupakan hal vital," ujar Erick Thohir di Jakarta, Rabu (18/5).

Advertisement

Erick sudah coba mengingatkan, bahkan mengganti direksi Pertamina. Namun tentunya mengganti direksi bukan menjadi solusi terus menerus.

"Terus terang saya juga berempati kepada pihak-pihak yang menjadi korban. Ini yang menjadi alasan kenapa kita harus bisa lebih baik lagi," kata mantan bos Inter Milan ini.

Dia menambahkan bahwa untuk menjadi perusahaan global, maka BUMN harus memiliki benchmarking atau acuan yang baik dalam menjalankan jenis usaha.

Contohnya, tidak mungkin memiliki industri penerbangan yang sehat, tapi secara benchmarking tidak dikelola dengan baik seperti Garuda Indonesia.

"Namun bukan berarti kita menyerah. Pastinya perlu kita tingkatkan, makanya kemarin kita dorong bagaimana operasional Garuda lebih baik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement