OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Bangkit ke US$ 96/Barel

Happy Fajrian
6 September 2022, 08:18
harga minyak, opec, opec+, rusia
Medco Energi
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai.

Harga minyak mentah dunia bangkit setelah OPEC dan sekutunya yang dikenal dengan OPEC+ sepakat untuk memangkas produksi Oktober sebesar 100.000 barel per hari pada pertemuan Senin (5/9). Meski demikian keputusan ini ditentang oleh Rusia.

Para menteri energi dari negara-negara OPEC+ setuju untuk mengembalikan tingkat produksi ke target kuota Agustus. Mereka mengatakan bahwa keputusan kenaikan produksi pada bulan lalu hanya dimaksudkan untuk September.

Usai pertemuan OPEC+ ini, harga minyak melonjak lebih dari 3% dengan minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate mencapai US$ 90 per barel, sedangkan Brent menyentuh US$ 96,64 per barel.

Meski demikian pada perdagangan pagi ini, Selasa (6/9), harga WTI turun lagi ke level US$ 88,75 sedangkan Brent ke US$ 95,10 per barel.

Menjelang pertemuan, Wall Street Journal melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan kartel, bahwa Rusia tidak akan mendukung keputusan OPEC+ untuk memangkas produksi minyak.

Sementara beberapa anggota OPEC telah mengisyaratkan dukungan untuk langkah seperti itu, termasuk Arab Saudi, menurut sumber tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...