Banyak Proyek Kilang Presiden Jokowi Mandeg Lantaran Minim Investor

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Januari 2023, 19:43
kilang, kilang pertamina, jokowi, investor
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Foto udara kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

Kementerian ESDM bersama Pertamina telah mendorong percepatan pembangunan kilang minyak yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak awal masa pemerintahannya pada 2014.

Kendati demikian, dari beberapa proyek kilang yang direncanakan, sejauh ini hanya proyek ekspansi atau pengembangan Kilang Balongan Indramayu, Jawa Barat yang mencapai progres pembangunan 99%.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa kendala utama pembangunan kilang adalah nilai investasi yang besar. Tanpa melibatkan investor, muskil rasanya menjalankan ekspansi kilang maupun membuat kilang baru.

“Kami melihat Pertamina bisa proaktif mencari mitra supaya ini cepat selesai dan tidak tergantung pada pembiayaan sendiri yang mungkin butuh waktu lama,” kata Tutuka dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja Sektor Migas 2022 dan Rencana Kerja 2023 pada Senin (30/1).

Tutuka melanjutkan, dibutuhkan dana sekira US$ 67,9 juta untuk menambah kapasitas Kilang Balongan sebesar 25 ribu barel per hari dari kapasitas awal 125.000 barel per hari sejak pertama kali dibangun pada 1994.

Sementara itu, diperlukan pendanaan hingga US$ 7,24 miliar untuk memperluas kapasitas pengolahan Kilang Balikpapan menjadi 360.000 barel per hari.

“Soal kilang ini pembangunannya kompleks, perlu mencari investor dengan biaya besar walau margin keuntungannya tidak lebih besar dari yang hulu,” ujar Tutuka.

Pengembangan kilang minyak tercantum dalam keputusan Presiden Joko Widodo, yaitu Peraturan Presiden RI Nomor 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...