OPEC+ Pangkas Produksi 3,66 Juta bph, Harga Minyak Meroket Lebih 8%

Happy Fajrian
3 April 2023, 12:59
harga minyak, opec,
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Ilustrasi. Harga minyak naik lebih dari 8% setelah OPEC+ memangkas produksi minyak lebih dalam dari 2 juta barel per hari yang diputuskan pada Oktober tahun lalu.

Harga minyak naik sekitar US$ 5 per barel setelah OPEC dan sekutunya termasuk Rusia, atau lebih dikenal dengan OPEC+, memutuskan untuk memangkas produksinya lebih dalam dari 2 juta barel per hari (bph) yang diputuskan pada Oktober tahun lalu.

Aliansi negara-negara pengekspor minyak tersebut memutuskan untuk menambah pemangkasan produksi minyak sebesar 1,16 juta bph. Sehingga, ditambah dengan pemangkasan produksi rusia sebesar 500 ribu bph, total pengurangan produksi sampai akhir tahun ini menjadi 3,66 juta bph, setara 3,7% dari permintaan global.

Harga Brent hari ini terpantau naik hingga menyentuh level US$ 86,44 per barel, naik 8,19% dari posisi akhir pekan lalu di US$ 79,89. Sementara minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) naik menembus US$ 80 per barel, tepatnya US$ 81,27, setelah pada pekan lalu berakhir di level UUS$ 75,67 per barel.

Akibatnya, Goldman Sachs menurunkan perkiraan produksi akhir 2023 untuk OPEC+ sebesar 1,1 juta bph dan menaikkan perkiraan harga Brent masing-masing menjadi US$ 95 untuk tahun ini dan US$ 100 per barel untuk tahun 2024.

Goldman memperkirakan pengurangan produksi dapat memberikan dorongan 7% untuk harga minyak, berkontribusi pada pendapatan minyak Saudi dan OPEC+ yang lebih tinggi.

Langkah OPEC+ memangkas produksi lebih dalam mendapat respon negatif dari pemerintah AS. Pemerintahan Biden mengatakan melihat langkah yang diumumkan oleh produsen sebagai tidak bijaksana. Beberapa analis juga mempertanyakan alasan pengurangan produksi tambahan oleh OPEC+.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...