SKK Migas Prediksi Harga Minyak Berada di US$ 80 per Barel Tahun Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
18 April 2023, 09:47
harga minyak, skk migas, minyak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Fasilitas pengeboran lepas pantai.

SKK Migas memperkirakan harga minyak mentah dunia berada di kisaran US$ 65 per barel hingga lebih dari US$ 98 per barel untuk periode 2023. Namun, SKK menyebutkan level US$ 80-an sebagai acuan referensi harga minyak tahun ini.

Prediksi tersebut merupakan hasil perhitungan tiga skenario harga minyak yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi-politik global. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan harga bakal menyentuh level US$ 98 per barel jika pasokan turun akibat hilangnya ekspor minyak Rusia di saat permintaan melonjak 

"Hal ini tentu membuat dinamika harga minyak dan gas sangat tinggi dan susah ditebak," kata Dwi dalam konferensi pers Kinerja Hulu Migas Kuartal I tahun 2023, Senin (17/4).

SKK Migas juga merilis skenario harga minyak mentah berada di kisaran harga US$ 65 per barel hingga US$ 75 per barel. Kondisi tersebut berasal dari dampak perlambatan ekonomi yang berdampak permintaan minyak di dunia hanya tumbuh di bawah 1 juta barel per hari.

"Amerika Serikat sempat melepas cadangan minyaknya, tapi di satu sisi OPEC+ memotong produksinya. Sehingga harga minyak yang sempat turunkembali ke kisaran US$ 85 per barel," ujar Dwi. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...