Freeport, Amman Masih Belum Bisa Ekspor Tembaga, Ini Penjelasan ESDM

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Juli 2023, 17:41
freeport, larangan ekspor tembaga, tembaga, ekspor tembaga, amman mineral,
ANTARA FOTO/Dian Kandipi/wpa/hp.
Pekerja melintasi areal tambang bawah tanah Grasberg Blok Cave (GBC) yang mengolah konsentrat tembaga di areal PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (17/8/2022).

Kementerian ESDM menyampaikan bahwa PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara masih belum bisa mengekspor konsentrat tembaga ke luar negeri meski keduanya telah memperoleh rekomendasi perpanjangan izin ekspor hingga Mei 2024.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba), Muhammad Wafid, mengatakan bahwa Kementerian ESDM sudah memberikan rekomendasi perpanjangan izin ekspor kepada Freeport dan Amman Mineral.

Kendati demikian, rekomendasi dari Kementerian ESDM yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 7 Tahun 2023 tentang Kelanjutan Pembangunan Fasilitas Pemurnian Mineral Logam di Dalam Negeri tak serta-merta menjadi tiket yang langsung memuluskan relaksasi ekspor tembaga Freeport dan Amman Mineral.

Menurutnya, dua perusahaan tersebut juga harus memperoleh izin lanjutan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, hingga Bea Cukai yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan.

"Mestinya ekspor Freeport dan Amman belum boleh. Selama aturannya belum sinkron semua maka pelaksanaannya tidak bisa," kata Wafid di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (3/7).

Wafid optimistis kolaborasi pemerintah untuk membuka izin ekspor konsentrat tembaga akan aktif dalam waktu dekat, seiring komitmen Presiden Joko Widodo yang juga menyetujui untuk memberikan perpanjangan izin ekspor untuk keduanya. "Saya kira hanya tinggal tunggu waktu karena dari sisi pemerintah sudah ada komitmen," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...