Izin Ekspor Tembaga Tak Kunjung Turun, Freeport Terpaksa Setop Operasi

Muhamad Fajar Riyandanu
Oleh Muhamad Fajar Riyandanu - Irfan Fadhlurrahman
4 Juli 2023, 14:58
freeport, ekspor tembaga, larangan ekspor tembaga,
Biro Pers Sekretariat Presiden / Kris
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo meninjau Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada Kamis (1/09/2022).

PT Freeport Indonesia masih belum dapat melanjutkan ekspor konsentrat tembaga meski pemerintah telah memberikan relaksasi izin ekspor melalui Peraturan Menteri ESDM No. 7 Tahun 2023 tentang Kelanjutan Pembangunan Fasilitas Pemurnian Mineral Logam di Dalam Negeri.

Juru Bicara Freeport, Katri Krisnati, mengatakan tertundanya izin ekspor berdampak negatif terhadap operasional perusahaan, terutama pada kondisi gudang penyimpanan konsentrat yang sudah penuh, bahkan sebagian konsentrat terpaksa harus diletakkan di luar gudang.

"Izin ekspor kami berakhir 10 Juni 2023 dan sejak itu, Freeport telah menghentikan kegiatan ekspornya. Dan hingga hari ini, kami masih menunggu dikeluarkannya izin ekspor tersebut," kata Katri lewat pesan singkat pada Selasa (4/7).

Katri melanjutkan bahwa penghentian ekspor selama 25 hari terakhir berdampak pada fasilitas penyimpanan atau gudang konsentrat tembaga di Amampare, Mimika, Papua melebihi batas muat maksimum.

Ada tiga gudang dengan kapasitas masing-masing 40.000 ton, dengan 40% konsentrat dikirimkan ke pabrik peleburan PT Smelting di Gresik. "Tanpa izin ekspor dapat dipastikan akan berakibat penangguhan kegiatan PTFI, yang berdampak signifikan pada keseluruhan kegiatan operasional serta penjualan hasil tambang," ujar Katri.

Perpanjangan izin ekspor belakangan menjadi isu mendesak di lingkup internal Freeport. Perusahaan kini terus menjalin dialog dengan kementerian terkait agar izin ekspor bisa segera dikeluarkan."Hal ini menjadi prioritas utama kami saat ini," kata Katri.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...