Harga Batu Bara Terjun 56% Sepanjang 2023 Dipicu Peningkatan EBT

Happy Fajrian
13 Juli 2023, 19:19
harga batu bara, ebt, energi terbarukan,
ANTARA FOTO/Andri Saputra/pras.
Sejumlah kapal kayu berusaha menarik kapal tongkang bermuatan batu bara melintasi perairan Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu (29/4/2023).

Laju penurunan harga batu bara terus berlanjut. Sepanjang tahun ini hingga pertengahan Juli, harga mineral hitam ini telah turun lebih dari 56%. Kini harganya berada di level US$ 129,05 per ton, yang merupakan level terendah sejak Mei 2021.

Merosotnya harga batu bara sejalan dengan peningkatan kapasitas energi terbarukan global, terutama di Cina dan Amerika Serikat (AS), serta turunnya harga gas alam di Eropa yang kembali meningkatkan konsumsinya.

Di Amerika, Energi Information Administration (EIA), melaporkan pembangkitan listrik tenaga surya dan angin melampaui pembangkitan listrik tenaga batu bara pada lima bulan pertama 2023. Pembangkitan angin dan surya mencapai 252 terrawatt jam (TWh) versus 249 TWh batu bara.

Capaian ini berkat turunnya penggunaan batu bara di AS, dengan pembangkit batu bara yang dinonaktifkan digantikan oleh energi terbarukan dan gas alam. Batu bara sempat menyumbang hampir separuh dari produksi listrik Amerika pada 2007.

Mengutip Ubergizmo pada Kamis (13/7), Juru bicara EIA Chris Higginbotham mengatakan, "perkiraan resmi menunjukkan bahwa tenaga angin dan matahari melampaui batu bara pada Januari, Februari, dan Maret, dan data real-time menunjukkan tren ini berlanjut hingga April dan Mei."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...