Pasang PLTS, PGN Saka Potensi Hemat Konsumsi BBM 50.000 Liter/Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Juli 2023, 19:31
pgn, plts, emisi karbon, dekarbonisasi
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Petugas PLN mengecek panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/12/2022).

PT Saka Energi Indonesia alias PGN Saka mulai menjalankan beragam inisiatif dekarbonisasi dalam kegiatan operasi bisnis hulu hingga midstream migas. Satu di antaranya lewat instalasi solar panel di Lapangan Sidayu yang terletak di lepas pantai Jawa timur.

PLTS berkapasitas 18,36 kilowatt peak (kWp) tersebut itu digunakan sebagai penambahan sumber energi pada peralatan listrik di fasilitas proyek Sidayu, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Well Head Platform C (WHP-C) dan WHP-D.

Utilisasinya diklaim dapat mereduksi emisi karbon hingga 67,42 ton CO2 ekuivalen (CO2e) per semester, dengan potensi penghematan sebesar 25.052 liter solar atau 50.104 liter per tahun.

Anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN) itu juga menerapkan program pengurangan emisi karbon pada sejumlah fasilitas proses produksi, yaitu Gas Processing Facility (GPF), Oil Treating Facility (OTF), dan LPG Facility (LPGF).

Direktur Utama PGN, Saka Avep Disasmita, menerangkan bahwa program dekarbonisasi juga diterapkan pada sejumlah fasilitas offshore maupun onshore PGN Saka. Inisiatif dekarbonisasi merupakan hasil penyusunan road map program inisiatif dekarbonisasi PGN Saka untuk periode 2022 – 2030.

Program dekarbonisasi lainnya adalah carbon offset yang diterapkan melalui penanaman mangrove di sekitar area industri untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Program ini berpotensi mereduksi emisi sebesar 16.417 ton CO2e per tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...