Pabrik Baterai Listrik Perdana RI Ditargetkan Beroperasi Februari 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
2 September 2023, 14:03
Baterai listrik
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listriknya di stasiun pengisian baterai listrik di Kuningan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Pabrik baterai kendaraan listrik hasil kerja sama LG Energy Solution (LGES) dan Hyundai Group di Karawang, Jawa Barat bakal beroperasi pada Februari 2024. Pabrik yang diberi nama ‘Proyek Omega’ itu memiliki kapasitas produksi produksi fase pertama sebesar 10 giga watt hour (GwH) dengan menghasilkan lebih dari 160.000 unit baterai mobil listrik.

Fasilitas produksi baterai kendaraan listrik itu memiliki nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau setara Rp 16,3 triliun untuk fase pertama. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan capaian itu sejalan dengan tren investasi mineral masa depan yang mengacu pada pembangunan fasilitas dan infrastruktur penunjang kendaraan listrik. 

"Dengan peningkatan pesat investasi kendaraan listrik, bukan lagi investor datang untuk mengeruk kekayaan alam dan menguasai nilai tambahnya. Sementara rakyat kita hanya menjadi penonton," kata Bahlil memberikan paparan di ASEAN BAC Indonesia’s Summit Week 2023 di Hotel Sultan Jakarta pada Sabtu (2/9).

Lebih jauh Bahlil mengatakan arah Investasi ekstraktif sumber daya mineral domestik nantinya akan terintegrasi dari sektor hulu pertambangan menuju pengembangan kendaraan listrik di sektor hilir. Selain memproduksi baterai untuk kendaraan listrik, pabrik baterai tersebut juga akan membuat baterai khusus untuk energi penyimpanan atau battery energy storage system (BESS). 

Produksi baterai khusus merupakan sebagai infrastruktur pendukung transisi energi di Indonesia. Satu di antaranya menjadi fasilitas untuk mengurangi intermiten pada pembangkit listrik energi terbarukan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...