ASEAN BAC Forum 2023, Indonesia Tegaskan Komitmen Kurangi Emisi

Patricia Yashinta Desy Abigail
2 September 2023, 12:54
ASEAN Investment Forum 2023
Zaenuddin/Katadata
ASEAN Investment Forum 2023

Direktur Jenderal Energi Baru Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Yudo Dwinanda Pribadi memastikan komitmen pemerintah untuk terus berkontribusi dalam pengurangan emisi secara global. Menurut Yudo, untuk mewujudkan komitmen itu pemerintah telah menyiapkan beberapa rencana strategis yang disusun dalam roadmap atau peta jalan.

Yudo menyampaikan pembagkit listrik tenaga surya akan meningkat secara signifikan mulai 2030 diikuti oleh rencana pembangkit listrik tenaga angin. Selanjutnya pembangkit listrik tenaga nuklir akan beroperasi secara bertahap mulai tahun 2039.

"Berdasarkan peta jalan pengembangan, rencana kapasitas terpasang pembangkit listrik terbarukan pada tahun 2016 sebesar 700 gigawatt yang bersumber dari tenaga surya, bioenergi hidro, nuklir, panas bumi, dan energi laut," kata Yudo dalam ASEAN Climate Forum yang menjadi bagian dari ASEAN BAC Summit Forum di Ritz Carlton, Sabtu (2/9)

Selain itu, Yudo mengatakan ada target penambahan energi terbarukan hingga 51,6% atau sekitar 20,9 gigawatt dalam 10 tahun ke depan. Dia mengaku pihaknya sedang berdiskusi untuk merevisi target penambahan.

"Semoga selesai kira-kira tahun depan, awal tahun depan," ujar Yudo. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...