Ini Strategi Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG demi Jaga Inflasi

Lavinda
Oleh Lavinda
6 September 2023, 11:03
Pertamina
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (tiga dari kiri) menghadiri acara BloombergNEF (BNEF) 2022 yang menjadi salah satu rangkaian acara KTT G20 Bali (12/11/2022).

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas  (LPG) terjaga di Indonesia, demi mendukung upaya pemerintah menjaga tingkat inflasi nasional.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan Pertamina menerapkan strategi dengan menjaga suplai hulu dan hilir migas, memanfaatkan infrastruktur yang andal, serta memenuhi pasokan stok, baik minyak mentah maupun produk migas.

Dengan upaya tersebut, Pertamina dapat menjaga kestabilan harga produknya, terutama BBM dan LPG yang merupakan produk hilir migas yang berpengaruh terhadap inflasi.

“Pertamina akan terus memonitor pasokan BBM dan LPG, terutama subsidi, agar tetap aman dan tepat sasaran. Salah satunya dengan menjaga dari sisi suplai, karena jika suplai berkurang maka dapat terjadi kenaikan harga di pasar,” ujar Nicke dalam keterangan pers, dikutip Rabu (6/9).

Nicke menambahkan, upaya Pertamina dalam menjaga suplai ini tidak hanya pada hilir migas atau produk, tetapi juga secara terintegrasi, dari hulu hingga ke hilir.

Produksi hulu dari lapangan-lapangan Pertamina harus terjaga agar suplai minyak mentah untuk kilang cukup, sehingga kilang mampu memproduksi produk BBM dan turunannya sesuai kebutuhan masyarakat.

Untuk memastikan suplai dan stok tersebut, lanjut Nicke, Pertamina memanfaatkan teknologi digital yang dapat memberi data dan informasi stok secara langsung dari seluruh infrastuktur distribusi energi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...