PLN Tambah 250 Stasiun Tukar Baterai Motor Listrik hingga Akhir Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
14 September 2023, 15:34
PLN
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Spt.
Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan (kanan) menunjukkan aplikasi PLN Mobile di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Kantor PLN Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2023).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana untuk menambah sebaran 250 unit stasiun penukaran baterai kendaraal listrik umum atau SPBKLU dalam waktu empat bulan ke depan atau sampai akhir tahun ini.

Langkah tersebut merupakan tindaklanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara perseroan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik atau KBLBB.

MoU tersebut diteken oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Yudo Dwinanda Priaadi dan Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Sri Mulyanti di Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan EBTKE Jakarta pada Kamis (14/9).

“PLN menyediakan kabinet untuk penyediaan kabinet untuk swapping station,” kata Edi.

Edi melanjutkan, hingga saat ini PLN telah mengembangkan 1.900 unit SPBKLU di 70 titik yang tersebar di lokasi strategis seperti mal dan perkantoran. Dia meyakini penyediaan stasiun penukaran baterai yang makin masif akan ikut mendongkrak penjualan motor listrik.

Dirjen EBTKE Yudo Dwinanda mengatakan bahwa penyediaan fasilitas SPBKLU Kementerian ESDM dan PLN mengacu pada standar baterai yang ditetapkan, yakni untuk baterai motor listrik berdaya listrik tipe 72 volt dan 60 volt.

“Sekarang baterai sudah mulai standar, sudah ada SNI,” ujar Yudo.

Pemerintah akan terus menambah sebaran SPBKLU dengan meningkatnya jumlah kendaraan listrik di Indonesia. Pertumbuhan penggunaan motor listrik di Indonesia tercatat naik 13 kali lipat dalam dua tahun terakhir.

Hasil riset Deloitte Indonesia dan Foundry mencatat penggunaan motor listrik pada 2020 berada di 1.947 unit. Angka tersebut naik signifkan menjadi 25.782 unit pada tahun 2022.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...