Arutmin Incar Produksi 3 Juta Ton Batu Bara dari Tambang Asamasam

Mela Syaharani
25 Oktober 2023, 08:23
tambang batu bara, arutmin indonesia, produksi batu bara
Katadata/Mela Syaharani
Tambang batu bara Asamasam di Kalimantan Selatan yang dioperasikan oleh Arutmin Indonesia.

Arutmin Indonesia menargetkan tambang Asamasam dapat memproduksi 3 juta ton batu bara tahun ini. Separuh dari produksi akan dialokasikan untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

“Pada 2022 kemarin kami bisa produksi tiga juta ton, tahun ini juga sekitar tiga juta saja. Sekitar 1,5 juta ton untuk PLTU Asamasam,” kata Engineering Superintendent tambang Asamasam Arutmin Indonesia, Abdul Kahar kepada Katadata.co.id di Kalimantan Selatan pada Selasa (24/10).

PLTU Asamasam ini terletak tidak jauh dari lokasi tambang Asamasam. Pembangkit listrik ini berada di desa Asri Mulia, kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Saat ini, lokasi eksplorasi atau penambangan di Asamasam terdapat di dua area, salah satunya di tambang Asam Tengah. Saat Katadata berkunjung ke Asam Tengah, proyek ini sudah mencapai kedalaman 50 meter.

Sebagai informasi, Arutmin Indonesia ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Bumi Resources dengan jumlah kepemilikan langsung mencapai 70% pada kuartal kedua 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...