Perjanjian Induk Divestasi Vale Indonesia Disahkan di San Fransisco

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
20 November 2023, 15:04
Melalui penandantangan HoA diharapkan, MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar di Vale Indonesia dengan kepemilikan sebesar 34 persen.
MIND ID

Presiden Joko Widodo menghadiri penandatangan Heads of Agreements (HoA) atas komitmen divestasi PT Vale Indonesia. Acara ini berlangsung di San Fransisco pada 17 November 2023.

HoA atau perjanjian induk tersebut menjadi langkah awal dalam pemenuhan komitmen divestasi Vale Indonesia. Ini menjadi bagian dari persyaratan konversi Kontrak Karya perseroan menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Vale yang akan berangkhir pada 2025.

Melalui penandantangan HoA tersebut diharapkan MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar di PTVI dengan kepemilikan sebesar 34 persen, serta memegang peran penting di dalam pengelolaan PTVI ke depan.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan, MIND ID bersama Vale Canada Ltd (VCL) akan melakukan kontrol bersama atas PTVI.

“Sebagai pemegang saham terbesar PT Vale Indonesia Tbk, MIND ID bersama VCL akan memiliki kontrol bersama yang lebih dalam terkait operasionalisasi perusahaan, serta di dalam pengelolaan dan pengembangan perusahaan ke depan,” tutur Hendi.

Melalui struktur kerja sama pengelolaan PTVI ini, diharapkan MIND ID bersama dengan pemegang saham lain dapat bekerja sama lebih erat. Tak hanya demi penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Selain Itu  juga untuk mendukung program pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan cadangan dan sumber daya nikel nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...