Pertamina Injeksi Perdana CO2 di Lapangan Sukowati Bojonegoro

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
8 Desember 2023, 13:22
Injeksi CO2 di Lapangan Sukowati ini dilakukan sebagai pengimplementasian teknologi CCUS.
Pertamina
SVP Research and Technology Innovation Pertamina Oki Muraza

Setelah sebelumnya sukses melakukan injeksi perdana karbon dioksida (CO2) di Lapangan Jatibarang, PT Pertamina kembali mengimplementasikan teknologi carbon capture utilization and storage (CCUS) di lapangan lainnya, yaitu Lapangan Pertamina EP Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Capaian CCUS di Lapangan Sukowati merupakan hasil studi bersama antara Pertamina, Japan Organization for Metals and Energy Security (JOGMEC), dan Japan Petroleum Exploration Company Limited (JAPEX).

Program penangkapan dan pemanfaatan CO2 ini ditandai dengan peresmian injeksi perdana CO2 di Lapangan Sukowati menggunakan metode huff & puff. Sebanyak 500 ton CO2 diinjeksikan ke sumur Sukowati-18 (SKW-18) selama tujuh hari. Penerapan teknologi CCUS ini dapat meningkatkan produksi lapangan melalui penerapan CO2 Enhanced Oil Recovery (EOR).

Senior Vice President Research and Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, injeksi CO2 ini akan memvalidasi teknologi EOR secara spesifik. “Tujuan injeksi CO2 di lapangan kedua Pertamina ini adalah untuk mengkaji efek CO2 EOR dan penyimpanan CO2 dalam formasi bawah permukaan untuk lapangan migas,” katanya dalam siaran pers, dikutip Jumat (8/12).

Hasil kajian ini juga dapat diterapkan di lapangan-lapangan Pertamina lainnya yang sedang aktif melakukan kegiatan studi CO2-EOR. Hal ini akan mendukung capaian target 1 juta barel minyak per hari pada tahun 2030.

Senada, Direktur Pengembangan & Produksi PT Pertamina Hulu Energi Awang Lazuardi menyampaikan saat diimplementasikan penuh, CCUS Lapangan Sukowati akan menggunakan CO2 dari Lapangan Jambaran Tiung Biru, Bojonegoro.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...