Petrogas Produksi 4.500 Barel Minyak dan 20 Juta Kubik Gas per Hari

Lona Olavia
21 Desember 2023, 18:20
Petrogas Produksi 4.500 Barel Minyak dan 20 Juta Kubik Gas per Hari
Katadata/Lona Olavia
Arar Marine Terminal Petrogas (Basin) Ltd, Sorong, Papua Barat.

RH Petrogas Ltd melalui Petrogas (Basin) Ltd mengelola Blok Kepala Burung dengan menghasilkan lebih dari 4.500 barel minyak dan lebih dari 20 juta standar kaki kubik gas per harinya.

Sejak 1 Januari 2016, Petrogas (Basin) menjadi operator di wilayah kerja tersebut yang berada di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya dengan total luas wilayah lebih dari 1.000 kilometer persegi.

“Baik produk minyak mentah maupun gas dari Wilayah Kerja Kepala Burung diperuntukkan bagi kebutuhan dan ketahanan energi domestik,” ujar General Manager Petrogas (Basin) Ltd Alfian Telaumbanua di Arar Gas Plant Petrogas (Basin) Ltd, Sorong, Papua, Kamis (21/12).

Wilayah Kerja Kepala Burung memiliki dua fasilitas produksi. Pertama, fasilitas produksi Kasim Production Facility untuk fasilitas produksi minyak mentah dari Lapangan Walio, Wakamuk, Cendrawasih, Kasim, dan Jaya. Kedua, Arar Gas dan LPG Plant, yang merupakan fasilitas produksi gas dari Lapangan Arar dan Klalin.

Selain minyak mentah untuk kebutuhan lokal Papua Barat Daya, produksi gas disuplai ke Perusda Kabupaten Sorong untuk pembangkit tenaga listrik di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, Papua Barat Daya. Selain itu juga untuk suplai gas rumah tangga melalui jaringan gas nasional.

Alfian menyebutkan, sejak 2017, Petrogas (Basin) terus berupaya meningkatkan lifting LPG hasil produksinya. Di tahun 2017 dilakukan 2 kali lifting, 2018 4 kali lifting, 2019 5 kali lifting, 2020 dan 2021 masing-masing 6 kali lifting, 2022 7 kali lifting. Lalu di 2023 ini ditargetkan 9 kali lifting hingga akhir tahun. Lifting minyak adalah minyak hasil produksi yang telah diolah dan siap untuk digunakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...