Harga Minyak Naik 1% Didorong Sinyal Pengetatan Pasokan

Happy Fajrian
22 Februari 2024, 09:38
harga minyak
medcoenergi
Blok Migas Rimau.
Button AI Summarize

Harga minyak naik 1% pada penutupan perdagangan Rabu (21/2) karena ketegangan geopolitik yang meningkat di Timur Tengah dan para pedagang menilai tanda-tanda terbatasnya pasokan jangka pendek.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 87 sen, atau 1,1%, menjadi US$ 77,91 per barel, sementara minyak mentah Brent naik 69 sen, atau 0,8%, menjadi US$ 83,03 per barel.

Kontrak minyak yang terkait dengan pengiriman jangka pendek telah diperdagangkan dengan harga tertinggi dibandingkan kontrak-kontrak yang jatuh temponya dalam beberapa bulan terakhir, sebuah struktur pasar yang dikenal sebagai backwardation dan dianggap sebagai tanda pasar yang pasokannya sangat ketat.

“Rentang waktu menunjukkan pasar semakin ketat,” kata analis UBS Giovanni Staunovo seperti dikutip Reuters, Kamis (22/2). “Stok minyak mentah menurun di pusat perdagangan Amsterdam-Rotterdam-Antwerp sementara stok produk turun di Fujairah pekan lalu.”

Yang juga mendukung harga adalah kilang-kilang AS yang menunjukkan tanda-tanda kembali dari pemeliharaan setelah merosot ke tingkat operasi terendah sejak Desember 2022, sehingga memicu peningkatan stok minyak mentah.

“Pemadaman kilang baru-baru ini menyebabkan sejumlah produksi minyak mentah di seluruh dunia berkurang tetapi hal ini mungkin akan kembali beroperasi, yang akan memberi tekanan pada penyebaran retakan dan dapat mendukung lebih banyak penggunaan minyak mentah,” kata analis energi StoneX, Alex Hodes.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...