Exxon Gaet Korporasi Jepang Kembangkan Hidrogen & Amonia Rendah Karbon

Rena Laila Wuri
25 Maret 2024, 21:35
Exxon Gaet Korporasi Jepang Kembangkan Hidrogen Amonia Rendah Karbon
Arief Kamaludin|KATADATA
Exxon Gaet Korporasi Jepang Kembangkan Hidrogen Amonia Rendah Karbon
Button AI Summarize

Pembangkit listrik tebesar di Jepang, JERA setuju dengan Exxon Mobil untuk bersama-sama mengeksplorasi pengembangan proyek produksi hidrogen dan amonia rendah karbon di Amerika Serikat (AS). Hal ini ditandai dengan perjanjian kerjas ama yang dilakukan JERA dan Exxon, Senin (25/3).

Diketahui saat ini, Exxon sedang mengembangkan pabrik produksi hidrogen rendah karbon terbesar di dunia di Kompleks Baytown di timur Houston di Texas. Kapasitas produksi tahunan pabrik tersebut sekitar 900.000 metrik ton hidrogen dan lebih dari 1 juta ton amonia. Proyek ini bertujuan untuk memulai produksi pada tahun 2028.

Berdasarkan perjanjian tersebut, JERA dapat berinvestasi dalam proyek tersebut dan membeli sekitar 500.000 ton per tahun amonia rendah karbon untuk memenuhi kebutuhan di Jepang.

Pejabat eksekutif pelaksana senior JERA, Steven Winn mengatakan amonia dipandang sebagai sumber energi masa depan yang efektif. Pasanya, Amonia tidak mengeluarkan karbon dioksida ketika dibakar, meskipun produksinya melepaskan emisi jika dibuat dengan bahan bakar fosil.

"Kerja sama di antara perusahaan-perusahaan terkemuka sangat penting untuk membangun rantai pasokan untuk amonia, hidrogen, dan produk lain yang merupakan kunci untuk tenaga panas tanpa emisi," kata Steven Winn dikutip dari Reuters, Senin (25/3).

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...