Kronologi Jamaah Umrah Penumpang Lion Air Delay Lebih dari Sehari

Tia Dwitiani Komalasari
21 Februari 2023, 06:35
Ilustrasi Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lion Air

Jamaah umrah  yang menggunakan pesawat Lion Air tiba di tanah air setelah sempat delay selama 33 jam. Sebanyak 345 jamaah tersebut terpaksa tertahan di bandara karena pesawat mengalami kendala.

Jamaah dengan penerbangan Lion Air JT 087 seharusnya berangkat dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Indonesia pada Sabtu (18/2) pukul 20.00 WIB waktu setempat. Namun keberangkatan tersebut diundur menjadi Senin (18/2) pukul 05.48 waktu setempat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan pesawat Airbus 330-900 NEO registrasi PK-LEF sebelum keberangkatan. Namun pesawat tidak bisa berangkat karena harus menjalani pemeriksaan ulang.

Danang mengatakan, terdapat indikasi salah satu komponen yang perlu dilakukan pengerjaan oleh teknisi serta mendatangkan komponen cadangan. Pengerjaan ini memakan waktu karena suku cadang didatangkan dari lokasi lain.

"Kami memerlukan waktu yang substansial untuk proses pengiriman dan persiapan suku cadang sebelum dapat digunakan untuk penggantian," ujarnya melalui keterangan tertulis Senin malam (21/2).

Mengganti Pesawat

Menurut Danang, tahapan penyelesaian secara teknis pada pesawat membutuhkan waktu ekstra untuk diperbaiki. Proses ini harus mengikuti prosedur keselamatan sangat ketat untuk memastikan bahwa pesawat aman digunakan setelah perbaikan.

"Lion Air menegaskan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan para jamaah umrah adalah prioritas utama," ujarnya.

Danang mengatakan, Lion Air sudah memberitahukan keterlambatan keberangkatan JT-087 dan memfasilitasi kompensasi menurut aturan berlaku. Kompensasi tersebut yaitu makanan dan minuman serta akomodasi sesuai waktunya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...