Jalan Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional 6 KM untuk Mudik Lebaran 2023

Nadya Zahira
4 April 2023, 08:46
jalan tol, tol solo-klaten, mudik lebaran
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Pekerja menggunakan alat berat meratakan tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (3/4/2023). Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, progres konstruksi Seksi 1.1 Solo-Klaten telah mencapai 50,15 persen sehingga dapat difungsionalkan sepanjang enam kilometer yang terdiri dari kontruksi rigit empat kilometer dan "lean concrete" dua kilometer pada mudik Lebaran 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan jalan tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo tersebut pada Senin (3/4). Seksi 1 ruas tol tersebut sepanjang 6 kilometer (km) ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional selama masa mudik Lebaran 2023. 

Kunjungan kerja itu dilakukan untuk mengecek kesiapan fungsional Seksi 1.1 Solo - Klaten sepanjang 22,30 km. Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY dan Provinsi Jawa Tengah. 

“Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan Jalan Tol Semarang - Solo sehingga membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar)”, ujar Basuki melalui keterangan tertulis yang dikutip Selasa, (4/4).

Ia menjelaskan, seksi 1.1 ruas tol Solo - Klaten akan difungsionalkan sepanjang 6 km. Basuki menuturkan, pembangunan ruas tersebut sudah bagus. Namun menurutnya, terdapat kriteria dan standar konstruksi yang harus disesuaikan.

"Tolong disesuaikan supaya tidak merusak lingkungan, pekerjaan harus yang rapi, jangan berantakan. Pastikan jalan tol memang sudah aman untuk fungsional,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, pembangunan Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo dilaksanakan secara bertahap mulai dari seksi 1, 2 dan 3.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via Jalan Tol Yogyakarta - Bawen yang juga akan terhubung dengan tol ini,” ujar Hedy.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...