Lokasi 25 Rest Area Tol Trans Sumatera yang Operasi Saat Mudik Lebaran

Tia Dwitiani Komalasari
11 April 2023, 11:19
Operator mengoperasikan alat berat untuk menyelesaikan pengaspalan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang (Kapal) di Jejawi, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Senin (3/4/2023). PT Waskita Sriwijaya Tol menargetkan perbaikan di Jalan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Operator mengoperasikan alat berat untuk menyelesaikan pengaspalan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang (Kapal) di Jejawi, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Senin (3/4/2023). PT Waskita Sriwijaya Tol menargetkan perbaikan di Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang (Kapal) tersebut selesai pada H-10 sebelum Lebaran.

Sepanjang 597 kilometer Jalan Tol Trans Sumatera siap melayani arus mudik dan balik lebaran 2023. PT Hutama Karya (Persero) juga menyiapkan 25 rest area sebagai fasilitas jalan tol tersebut.

"Hutama Karya sudah meluncurkan persiapan mudik, khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera. Kita menyiapkan ruas-ruas tol yang beroperasi dengan total panjang 597 km," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo di Jakarta, Senin (10/4).

Hutama Karya memperkirakan arus lalu lintas kendaraan sebanyak 2,89 juta kendaraan akan melintasi Tol Trans Sumatera pada Lebaran tahun ini. Sebelumnya pada Lebaran 2022 lalu, arus lalu lintas kendaraan yang melintasi Tol Trans Sumatera sebanyak 2,88 juta kendaraan.

Ruas Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi antara lain:

  • Sigli - Banda Aceh Seksi 2,3 dan 4
  • Pekanbaru - Bangkinang
  • Bengkulu - Taba Penanjung
  • Binjai - Langsa Seksi 1
  • Medan - Binjai
  • Pekanbaru - Dumai
  • Palembang - Indralaya
  • Terbanggi Besar - Kayu Agung
  • Bakauheni - Terbanggi Besar.

Hutama Karya juga telah menyiapkan 21 rest area dan empat rest area sementara. Perseroan menyiagakan 347 unit mobil derek, 113 unit Variable Message Sign (VMS) dan 1.137 unit kamera CCTV.

Untuk layanan transaksi, Hutama Karya menyiapkan 35 titik lokasi top up tunai, 52 unit mobile reader dan 265 unit gardu operasi. Hutama Karya juga menyiagakan sebanyak 3.132 petugas layanan operasi tol untuk mendukung kesiapan Lebaran 2023.

Berikut Daftar 25 Rest Area di Tol Trans Sumatera:

Bakauheni -Terbanggi Besar

Rest Area Km 20 + SPBU Modular
Rest Area Km 33
Rest Area Km 49 + SPBU
Rest Area Km 67
Rest Area Km 87 + SPBU
Rest Area Km 116 + SPBU

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...