PUPR Operasikan 11 Tol Baru Selama Mudik Lebaran, Tarif Masih Gratis

Nadya Zahira
12 April 2023, 05:48
Foto udara proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4 di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Foto udara proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4 di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengoperasikan secara fungsional 11 ruas tol baru selama masa mudik lebaran 2023. Sebelas tol sepanjang 222 kilometer tersebut diharapkan bisa masih belum dikenakan tarif atau gratis.

"Ini hal yang sangat penting, bahwa untuk lebaran kali ini kami akan memfungsionalkan 11 ruas tol baru sepanjang 222 km meski hanya dibuka dari pagi sampai sore saja," ujar Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Triono Junoasmono saat Konferensi Pers Persiapan Infrastruktur Mudik Lebaran 2023, di Jakarta, Selasa (11/4) 

Triono mengatakan, operasional tol tersebut masih dibatasi hanya dari pagi sampai sore hari. Pasalnya, pencahayaan di sekitar jalan tol masih minim sehingga dinilai belum cukup aman jika dilewati pemudik pada malam hari.

"Sebagai contoh untuk tol Cisumdawu kita hanya memfungsionalkan dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore. Karena memang sebagian belum ada lampunya," kata dia.

Dia menuturkan, jalan tol fungsional tersebut memang belum beroperasi secara resmi, namun dinilai layak untuk digunakan selama masa mudik lebaran 2023. Jalan tol yang beroperasi fungsional itu juga belum dikenakan tarif atau masih gratis.

Dilengkapi Rest Area

Meskipun belum resmi beroperasi, jalan tol tersebut telah difasilitasi rest area atau tempat peristirahatan untuk pemudik. Pada rest area itu disediakan mobile toilet, mobile SPBU, serta tempat berjualan makanan dan minuman, sehingga para pemudik bisa merasa nyaman saat melintasi tol-tol yang difungsionalkan. 

Dari 11 ruas tol yang difungsionalkan itu, sebanyak empat ruas tol dari Tol Trans Sumatera, sementara tujuh ruas lainnya dari Tol Trans Jawa. Adapun ke-11 ruas tol tersebut sebagai berikut:

Tol Trans Jawa

1.Ruas Ciawi - Sukabumi seksi 2 ini cigombong - cibadak sepanjang 11,9 km.

2. Jakarta - Cikampek II ruas Selatan paket 3 dari SS. Sadang-SS. Kutanegara sepanjang 28,7 km.

3. Cibitung - Cilincing seksi 4 Taruma Jaya - Celincing sepanjang 7,3 km

4. Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,5 km

5. Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending sepanjang 8,6 km

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...