Beras Impor Bulog 270 Ribu Ton dari Empat Negara Segera Masuk RI

Nadya Zahira
5 Mei 2023, 10:52
Pekerja mengangkut beras impor dari Vietnam yang baru tiba di gudang Bulog Subdivre Kota Serang, Banten, Selasa (2/5/2023). Untuk menjaga stabilitas volume Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Perum Bulog secara bertahap mendatangkan beras impor dari Vietnam y
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/nz
Pekerja mengangkut beras impor dari Vietnam yang baru tiba di gudang Bulog Subdivre Kota Serang, Banten, Selasa (2/5/2023). Untuk menjaga stabilitas volume Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Perum Bulog secara bertahap mendatangkan beras impor dari Vietnam yang akan disalurkan dalam program bantuan sosial (Bansos) non tunai mulai pertengahan Mei 2023.

Impor beras Bulog sebesar  270 ribu ton saat ini sedang dalam perjalanan dari empat begara importir menuju ke tanah air.  Ini merupakan impor tahap pertama dari penugasan impor beras sebesar 500 ribu ton yang ditugaskan Badan Pangan Nasional kepada Bulog.

Sekretaris Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan impor itu berasal dari Vietnam, Thailand, Pakistan dan India. Beras impor tersebut akan digunakan untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah atau CBP hingga akhir tahun.

"Kami juga sudah masuk penugasan beras impor sebanyak 80 ribu ton, dan beras impor dalam perjalanan sebanyak 270 ribu ton sehingga stok CBP sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran dalam rangka stabilisasi harga beras," ujar Iqbal melalui keterangan resminya, Jumat (5/ 5).

Iqbal mengatakan, saat ini jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia sebanyak kurang lebih 350 ribu ton. Menurut dia, stok beras tersebut diperkirakan akan bertambah karena Bulog masih menyerap beras petani selama panen raya yang masih berlangsung saat ini.

Stabilisasi Harga Beras

Menurutnya, kebijakan pemerintah untuk impor beras akan semakin memperkuat stok CBP. hal itu diharapkan dapat memberikan dampak untuk menjaga stabilisasi harga beras.

Iqbal menuturkan, stok CBP yang terpenuhi akan memudahkan Bulog untuk memenuhi permintaan pasar. "Dengan begitu, kami juga berharap harga beras di pasaran dapat terkendali," kata Iqbal.

Dia juga memastikan kualitas beras impor tersebut bermutu. Bulog telah melakukan pengujian di laboratorium untuk memastikan bahwa beras impor itu benar-benar aman untuk dikonsumsi. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...